Pengertian Konduktivitas

Apa itu konduktivitas? Konduktivitas diartikan sebagai 'kemampuan atau daya untuk mengkonduksi atau meneruskan panas, listrik, atau suara', dengan satuan konduktivitas Siemens per meter [S/m] dalam SI.

Electrical conductivity (EC) / Konduktivitas Listrik

Arus elektron hasil gerak partikel bermuatan akibat gaya dilakukan pada nya berasal dari medan listrik. Pada material padatan arus muncul dari aliran elektron, yang disebut konduksi listrik.

Pada semua konduktor, semikonduktor, dan banyak material yang terinsulasi hanya konsuksi listrik yang ada, dan konduksi listrik sangat tergantung banyak elektron yang tersedia untuk berpartisipasi pada proses konduksi.

Sebagian besar logam adalah konduktor listrik yang sangat baik, karena banyaknya elektron bebas yang dapat dieksitasi di kondisi energi yang kosong dan tersedia.

Pada air dan material atau fluida ionik, sumasi gerakan dari ion bermuatan terjadi. Fenomena ini menghasilkan arus listrik dan disebut konduksi ionik. Konduktivitas listrik didefisinkan sebagai perbandingan antara rapat arus (J) dan intensitas medan listrik (e) dan kebalikannya adalah resistivitas (r, [W*m]):
s = J/e = 1/r
Perak memiliki konduktivitas paling banyak dari semua logam: 63 x 106 S/m.

Konduktivitas Air dan Hubungannya dengan Water Treatment

Menarik untuk mengetahui bahwa Conductivity / Konduktivitas adalah parameter penting dalam aplikasi water treatment. Air murni bukanlah konduktor listrik yang baik. Konduktivitas Air adalah 10 x 10-6 W-1*m-1 (20 dS/m), dengan kondisi air merupakan air destilasi biasa dalam equilibrium dengan karbon dioksida.

Karena arus listrik ditransportasikan oleh ion dalam larutan, konduktivitas meningkat saat konsentrasi ion meningkat. Sehingga kondukstivitas meningkat saat air melarutkan substansi ionik.

Konduktivitas air diantaranya:
Air ultra murni 5.5 · 10-6 S/m
Air minum 0.005 – 0.05 S/m
Air laut 5 S/m

Konduktivitas Listrik dan TDS

TDS atau Total Dissolved Solids adalah pengukuran dari total ion di dalam larutan. EC sebenarnya adalah pengukuran aktivitas ion di dalam larutan dalam aspek kapasitas nya untuk meneruskan arus.

Pada larutan dilute, TDS dan EC sebanding. TDS dari sampel air didasarkan pada pengukuran nilai EC dapat dihitung menggunakan rumus berikut:
TDS (mg/l) = 0.5 x EC (dS/m or mmho/cm) or = 0.5 * 1000 x EC (mS/cm)
Hubungan di atas dapat juga digunakan untuk memverifikasi analisis kimiawi air, namun tidak berlaku pada air limbah.

Saat konsentrasi larutan semakin meninggi (TDS > 1000 mg/l, EC > 2000 ms/cm), jarak dekat ion-ion dalam larutan menekan aktivitas mereka, dan konsekuensinya adalah kemampuan larutan tersebut dalam meneruskan arus, meskipun jumlah fisik dari dissolved solids tidak dipengaruhi.

Pada nilai TDS yang tinggi, ratio TDS/EC meningkat dan hubungan nya cenderung ke nilai perbandingan
TDS = 0.9 EC
Pada kasus ini, hubungan di atas tidak bisa digunakan dan setiap sampel harus dikarakterisasi secara terpisah (pengukuran konduktivitas dan pengukuran EC).

Untuk air dengan tujuan pertanian dan irigasi, nilai EC dan TDS berkaitan satu sama lain dan dapat dikonversi dengan akurasi sekitar 10% menggunakan rumus berikut:
TDS (mg/l) = 640 EC (ds/m atau mmho/cm)
Dengan proses reverse osmosis, air dipaksakan menembus membran semi-impermeable, menyisakan ketidakmurnian di belakangnya. Proses ini sanggup menghilangkan 95-99 % TDS memberikan air murni atau ultra murni.

Pengukuran Konduktivitas Air

Untuk mengukur konduktivitas air digunakan conductivity meter, yaitu produk conductivity / TDS meter yang dijual Ady Water ini.


Spesifikasi Conductivity / TDS Meter Lutron YK-22CT

Sirkuit 1 chip mikroprosesor sirkuit LSI
Display 51 mm x 32 mm dual function LCD display
Pengukuran Ukuran Rentang Akurasi
Conductivity 2 mS ( 0.2 to 2,000 mS ) + (3%F.S+1d)
20 mS (2 to 20.00 mS )
TDS 2,000 PPM ( 132 to 1,320 PPM )
20,000 PPM ( 1,320 to 13,200 PPM )
Temperature 0 to 60 ℃ ℃ +0.8C
32 to 140 ℉ ℉ +0.8F
Memory Rekaman maks, minimum, dan rataan
Kelembaban operasi Max 80% R.H
Power Current mA. Approx. DC 6.0 mA. Approx. DC 4.2
Berat 210 g/0.46 LB ( meter only ).
290 g/0.64 LB ( meter and probe ).
Dimensi Mian meter 195 x 68 x 30 mm ( 7.6 x 2.6 x 1.2 inch )
Probe Conductivity/TDS Round, 22 mm Dia. x 120 mm length.
Aplikasi
Akuarium MakananIndustri kertas Sekolah dan Universitas
Minuman FotografiIndustri plating Kolam renang
Perikanan LaboratoriumQuality Control Water conditioning

Aplikasi Conductivity Meter

Conductivity Meter sering digunakan pada bidang hydroponics, pembudidayaan habitat air, dan purifikasi air untuk memonitor kandungan nutrisi, garam, atau ketidakmurnian pada air, memanfaatkan nilai kondukvititas yang spesifik per substansinya.

Catatan Kunci

  • Nilai konduktivitas listrik berkaitan pada jumlah ion yang tersedia untuk dieksitasi
  • Sebagian besar logam memiliki jumlah ion yang banyak, oleh karena itu memiliki nilai konduktivitas listrik yang tinggi
  • Jika logam tersebut larut dalam pelarut (misalnya air), maka nilai konduktivitas listrik pada air tersebut meningkat
    Artinya, ketika kita mengukur air dan didapat nilai konduktivitas listrik yang tinggi, berarti air tersebut melarutkan banyak unsur dengan nomor ion tinggi, atau dapat diperkirakan logam
  • Untuk menurunkan TDS salah satunya dengan membran reverse osmosis
  • Kita dapat melakukan double check dengan mengukur nilai konduktivitas listrik di awal dan di akhir treatment

Lima Produk Hot ~ Alat Laboratorium

Click Me!

Big Promo UV Viqua S5Q-PA ~ Setiap Hari!

Click Me!

Tiga Produk Terlaris ~ Alat Laboratorium

Click Me!

Tentang Kami


Conductivity Meter

"Laboratory Equipments and Supplies"

Conductivity Meter merupakan salah satu situs resmi perusahaan CV. Ady Water yang bergerak di bidang perdagangan alat-alat laboratorium. Kami tidak sekadar menjual barang, lebih dari itu, kami menjamin setiap produknya benar-benar memenuhi harapan dan kebutuhan para pelanggannya. Kami juga melayani konsultasi gratis seputar alat-alat laboratorium maupun Water and Gas Treatment. Lengkap dengan Teknisi berpengalaman, siap melayani jasa loading, unloading, start up, serta fully support BWRO/SWRO Projects.