7 Aplikasi Lampu UV Water Sterilizer dari Depot Air Minum Isi Ulang hingga Filter Air Rumah Sakit | Harga UV Filter Air Untuk Rumah Tangga di Surabaya?:adylab: pH TDS Meter, Jual pH Meter, Harga DO Meter, Conductivity Meter, UV Water, Ozone Generator
jual lampu uv sterilisasi


jual lampu uv sterilisasi

Mari kita mulai artikel ini dengan satu pertanyaan: Berapa banyak bakteri di dalam air minum Anda?
bakteri dalam air minum
Berapa banyak bakteri dalam air minum Anda?
Seringkali kita mengabaikan masalah ini. Padahal, sebagian besar cairan dalam tubuh kita adalah air, dan air itu berasal dari air yang kita minum. 

Dikutip dari dentistryspringfield.com, komposisi otak kita adalah 80% air. Darah kita mengandung 83% air. Otot kita pun terbentuk 75% nya adalah air.

Maka bayangkan jika air yang kita minum setiap hari itu bermasalah, maka akan menyebarlah masalah ke seluruh tubuh kita.

Bahkan, tahukah Anda bahwa setiap tahun terjadi 3,4 juta kematian yang diakibatkan penyakit terkait air minum?

Dikutip dari vestergaard.com, penyakit yang dilabeli waterborne diseases itu disebabkan air minum yang terkontaminasi atau air kotor. Diantara penyakit tersebut adalah Cholera, parasit cacing, Tifoid, dan Disenteri.
pasien kolera
Kondisi pasien kolera di Yaman
Dalam catatan Kris Gunnars, BSc, kita direkomendasikan untuk meminum 8 gelas 8 ons air sehari, atau sekitar 2 liter. Aturan ini disebut aturan 8×8 rule dan sangat mudah diingat.

Menggunakan filter air seperti pasir silika, karbon aktif, zeolit, pasir aktif, dan filter-filter lainnya tidaklah cukup khususnya jika air yang difilter akan digunakan untuk kebutuhan air minum.

Perlu ada alat lain untuk mensterilisasi air dari berbagai kontaminan seperti bakteri, kuman, parasit, virus, dan mikroorganisme lainnya. Alat tersebut adalah lampu UV Water Sterilizer
Ady Water Jual Lampu UV Water Sterilizer
Ady Water Jual Lampu UV Water Sterilizer
Lampu UV Water Sterilizer adalah salah satu media sterilisasi air yang paling ampuh dalam menghasilkan air bebas bakteri, kuman, parasit, dan berbagai mikroorganisme lainnya.

Aplikasi lampu UV sangat banyak, yang paling populer dalam kehidupan sehari-hari adalah dalam purifikasi air minum di depot air minum isi ulang.

Namun, aplikasi lampu UV tidak terbatas di depot air isi ulang saja, melainkan dipakai di banyak bidang. Artikel ini akan membahas mengenai


7 Aplikasi Lampu UV Water Sterilizer dari Depot Air Minum Isi Ulang hingga Filter Air Rumah Sakit


Apa itu Sinar / Gelombang UV?

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang fungsi lampu UV yang bermacam-macam, tahukah apa sinar UV itu sendiri? Bagaimana teknik sterilisasi UV menghasilkan air yang bersih? Silakan baca artikel ini sampai habis ya.

Sinar UV yang dipancarkan oleh Lampu UV Viqua Sterilizer adalah sinar / gelombang EM dengan panjang gelombang antara 10 nm (30 Phz) hingga 400 nm (750 THz).

Mata kita tidak mampu melihat sinar UV ini, karena panjang gelombang yang mampu dicerap mata kita hanyalah dalam panjang gelombang optik, dan panjang gelombang UV lebih panjang dibandingkan gelombang optik.

Bahkan, sejatinya panjang gelombang optik yang kita lihat sehari-hari merupakan rentang yang sangat pendek jika dibandingkan dengan seluruh panjang gelombang yang ada.

Artinya, masih banyak sekali informasi yang tidak mampu kita lihat menggunakan kedua bola mata kita di dunia ini. Menarik bukan?
panjang gelombang
panjang gelombang
Untuk melihat sinar UV, kita harus menggunakan alat bantu khusus seperti lensa UV dengan penampakkan warna adalah ungu yang tajam (UV = ultraviolet = ultraungu). 

Sama halnya dengan melihat sinar IR / infrared, yang lebih rendah dari gelombang optik, kita harus menggunakan alat bantu khusus.

Setiap hari, kita terpapar oleh sinar UV ini dari Matahari. Kita melihat Matahari umumnya berwarna kuning bukan? Kalau kita melihat Matahari dengan lensa UV, kita akan melihatnya berwarna ungu.
Matahari dilihat dari panjang gelombang UV
Matahari dilihat dari panjang gelombang UV
Umumnya, sinar UV ini memiliki efek merusak sel. Oleh karena itu, jika terlalu banyak terpapar sinar UV, sel kulit akan rusak bahkan bisa menyebabkan kanker.

Oleh karena itu, khususnya di cuaca yang sangat terik dianjurkan menggunakan sun block atau baju yang menutupi seluruh tubuh.

Efek merusak sel ini ternyata membuka inovasi yaitu dimanfaatkan untuk merusak bakteri, mikroorganisme, parasit, kuman, dan virus yang ada dalam kandungan air.

Tentu saja masing-masing mikroorganisme memiliki resistensi tertentu yang dikuantifikasi dengan dosis sinar dalam satuan μws/cm2.

Teknologi pun dikembangkan dan didesainlah lampu khusus yang memancarkan sinar UV dengan tujuan sterilisasi air.

Karakter Lampu UV Water Sterilizer

Lampu UV ini tidak boleh dipaparkan langsung ke tubuh manusia dan Anda pun tidak boleh melihat secara langsung ke arah lampu UV ini.

Diantara efek terpaparnya langsung sinar UV ke tubuh kita adalah seperti kerusakan sel kulit hingga kanker kulit.
Efek wajah terkena sinar UV
Efek wajah terkena sinar UV

Oleh karena itu, lampu UV dipasang di dalam chamber yang terbuat dari bahan stainless steel anti karat.

Kemudian, lampu UV Viqua Sterilizer ini sama sekali tidak merubah komposisi kimia air minum sehingga tidak menimbulkan efek apapun saat air tersebut diminum.

Anda tidak perlu khawatir karena sinar Ultraviolet hanya bekerja merusak mikroorganisme sehingga air minum Anda bisa aman 99–100% aman dari bakteri penyebab penyakit.

Jika Anda membeli paket franchise depot air minum, ada franchise yang sudah menyediakan satu paket dengan spare nya ada juga yang belum. Anda bisa membeli di Ady Water baik untuk penggantian ataupun scale up ke laju sterilisasi yang lebih tinggi.

Ady Water tidak menjual paket franchise depot air minum, tapi Anda bisa membeli berbagai part seperti sistem lampu UV, membran RO, hingga tangki filter air  dengan berbagai ukuran dan merek ke Ady Water.
Whatsapp
0821 4000 2080
0812 2445 1004
Email ke adywater@gmail.com

jual lampu uv sterilisasi

Dalam sistem filter air, lampu UV berada di bagian akhir rangkaian filter air. Prinsip filter air secara umum: Filtrasi dari ukuran yang paling besar (flok, lumpur, sampah) hingga ukuran paling kecil (molekul, mikroorganisme)

Sebagai contoh untuk depot air minum untuk menghasilkan air minum, sistem filter air secara prinsip adalah sebagai berikut:
skema lampu UV
skema lampu UV
Sistem ini biasanya digunakan untuk domestik, namun prinsip nya sama saja untuk aplikasi industri apapun, tinggal disesuaikan kapasitas dan skalanya. Tahapan filtrasi ini adalah sebagai berikut: 
1. Air masuk ke dalam sistem perpipaan dengan diatur melalui keran
2. Air melewati filter pasir. Pasir yang dimaksud adalah pasir silika atau pasir garnet halus.
3. Air melewati filter karbon untuk menghilangkan VOC (Volatile Organic Compound), bau, warna, dan lain-lain
4. Air melewati resin penukar ion untuk melembutkan air dari kandungan kapur dan metalik
5. Air dilewatkan pada lampu UV sterilight untuk membunuh mikroorganisme

Lebih lengkap lagi, untuk kebutuhan depot air minum atau industri yang menghasilkan air untuk konsumsi manusia, maka melewati tahapan media filter sebagai berikut.
skema filtrasi air minum
1. Pasir silika menghilangkan lumpur dan kotoran makro. Mengurangi TSS (Total Suspended Solid) dan TDS (Total Dissolved Solid).

Air mentah dari sumber tentu memiliki kandungan lumpur dan flok makro yang kasat mata. Pasir silika yang digunakan bisa dengan kombinasi lapisan kasar dan halus. 

Lapisan kasar (mesh 4–8) untuk lumpur, sampah, dan lapisan halus (mesh 100 ke atas) untuk partikel kecil.


Pasir silika adalah salah satu media filter yang paling banyak digunakan dalam sistem filter air industri, salah satunya perusahaan di Jambi yang terakhir membeli 60 ton pasir silika dari Ady Water.
pengiriman pasir silika 60 ton
pengiriman pasir silika 60 ton
Anda bisa membaca lebih lanjut tentang pasir silika di link berikut:

2. Karbon aktif menghilangkan kandungan organik, logam berat seperti arsenik, merkuri, menghilangkan bau dan warna.

Karbon aktif yang kami jual di Ady Water ada yang lokal dan ada yang import, seperti Jacobi, Kowa, Haycarb, dan Calgon (tersertifikasi Halal).

Untuk karbon aktif industri, disarankan dengan merek import yang nilai iodinnya jauh lebih tinggi dari lokal.

Anda bisa membaca fungsi karbon aktif yang sangat banyak di link berikut:
PENTING: 21 Fungsi Karbon Aktif di Kehidupan Sehari-hari yang Harus Kamu Ketahui

3. Resin kation-anion untuk menghilangkan kandungan metalik. Ada dua jenis resin yaitu resin kation dan anion yang dipakai tergantung kandungan pengotor air nya.

Resin kation-anion ini bisa juga digunakan sebagai media softener, yaitu melembutkan air keras / air sadah yang mengandung kalsium karbonat dan kontaminan lain.

Baca selengkapnya di sini:
7 Aplikasi Resin Kation-Anion Terbaik untuk Industri dan Rumah Tangga

4. Terkadang digunakan juga manganese zeolit atau pasir aktif ferrolite untuk menghilangkan kandungan metalik yang pekat.

Ciri-ciri air dengan kandungan metalik adalah berwarna oranye kemerah-merahan dan jika dirasakan akan terasa seperti darah.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai zeolite dan pasir aktif, fungsi-fungsi serta aplikasinya di bidang industri, silakan baca artikel berikut ini:
PENTING: 9 Fungsi Zeolit, Dari Pasir Zeolit Hamster hingga Filter Air Industri
Perbandingan Fungsi dan Kelebihan Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif Ferrolite, dan Corosex sebagai Media Filter

5. Membran RO menghilangkan kadar garam hingga 99%. Untuk membran RO memiliki klasifikasi khusus, yaitu:
SWRO (Sea Water Reverse Osmosis/untuk air laut)
BWRO (Bracket Water Reverse Osmosis/untuk air payau)
TWRO (Tap Water Reverse Osmosis/untuk air ledeng atau air keran).

Baca selengkapnya tentang membran ro di:
7 Fungsi Membran RO, Mulai dari Pemurnian Air Minum hingga Filter Air Industri

6. Baru terakhir lampu UV Viqua Sterilizer untuk menghilangkan hingga 99% bakteri, parasit, kuman, dan virus penyebab penyakit. Ady Water menyediakan lampu UV sterilight untuk domestik (1 GPM, 3 GPM, 6 GPM) hingga industri (100 GPM up).
jual lampu uv sterilisasi
Lampu UV Viqua S5Q-PA
Dapat dipahami bahwa tidaklah cukup air yang kita dapat dari sumber kemudian dipaparkan dengan radiasi gelombang UV lalu kita meminumnya, karena parameter air minum sangatlah kompleks sehingga kita aman dalam meminumnya.


Apa Saja yang Lampu UV Sterilisasi?

Untuk memproduksi suatu air, baik air minum, air industri, atau air apapun, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa permasalahan yang dimiliki sumber air kita.

Terkadang berbeda daerah menyebabkan parameter tertentu membutuhkan perhatian lebih.

Di daerah pinggiran pantai, kandungan salinitas pada air nya tinggi.

Di daerah pegunungan, kandungan kapur dan besi tinggi.

Di daerah yang sanitasinya buruk, yang terpapar kuman dan bakteri sehingga menyebabkan diare, kolera, penyakit kulit, dan sebagainya.

Tentu saja kandungan mikroorganismenya tinggi karena mikroorganisme menyukai air dengan kandungan organik, COD, BOD tinggi.

Untuk menjernihkan air ini, tidak cukup dengan satu media, tapi harus dengan sistem filter air seperti diagram yang sebelumnya ditampilkan.

Lampu UV Viqua Sterilizer didesain memiliki dosis sinar UV lebih besar dari 30.000μws/cm2 mampu membunuh sebagian besar hingga 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Agar lebih rinci, mari kita kategorikan kontaminan-kontaminan yang disterilisasi oleh lampu UV Water Sterilizer ini.


1. Sterilisasi Bakteri (Class IIa)
Bakteri E. Coli
Bakteri E. Coli
Lampu UV water sterilizer untuk menghilangkan bakteri sebagai treatment class IIa, sesuai standar AS/NZS 3947 dari pemerintah Australia dan New Zealand.

Diantara bakteri berbahaya dalam air diantaranya E. coli and fecal coliform. Air minum yang mengandung bakteri ini menyebabkan penyakit diare.

2. Sterilisasi Virus (Class IIb)
virus Hepatitis E
virus Hepatitis E
Banyak virus yang membahayakan manusia dapat tersebar melalui air minum. Virus yang tersebar di air minum tergantung dari sumber air dan kontak air tersebut. 

Diantara virus tersebut adalah menurut laporan World Health Organization (WHO) termasuk adenovirus, astrovirus, hepatitis A and E virus.

Ada juga rotavirus, norovirus dan caliciviruses lainnya, and enteroviruses, termasuk coxsackieviruses dan polioviruses.

Ada juga virus yang dikeluarkan bersamaan urine seperti polyomaviruses dan cytomegalovirus.


Biasanya air yang bersumber dari sungai berpotensi mengandung virus ini oleh publik yang membuang air ke sungai dan air nya dipakai bersama.

3. Sterilisasi Protozoa (Class IIc)
protozoa cryptosporidium yang dilaporkan ditemukan di air minum tanpa filter UV
protozoa cryptosporidium yang dilaporkan ditemukan di air minum tanpa filter UV
Fungsi lampu UV pada air isi ulang berikutnya adalah untuk sterilisasi protozoa. Protozoa adalah salah satu kontaminan berbahaya yang bisa dikandung oleh air yang kita minum.

Terdapat laporan air minum mengandung Cryptosporidium, Giardia, dan amoeba Naegleria fowleri.

Organisme ini menyebabkan gejala seperti gastroenteritis akut, keram, sakit perut, dehidrasi, dan diare.

4. Sterilisasi Fungi / Jamur
Jamur Aspergilus flavus
Jamur Aspergilus flavus
Keefektifan lampu UV water sterilizer untuk menghilangkan fungi sudah dibuktikan dalam studi The fungal spores elimination in drinking water by UV radiation oleh Thotova Water Research Institute dan Frankova dari Slovak University of Technology. 

Studi tersebut menghasilkan rekomendasi penggunaan UV untuk jamur seperti Aspergilus flavus, Aspergilus niger, Rhisopus nigricans, dan saacharomyces sp.

Karakteristik yang sangat baik dari lampu UV Water Sterilizer ini menyebabkan lampu UV memiliki banyak aplikasi.


Di artikel ini, kami merangkum 7 Aplikasi Lampu UV Water Sterilizer, dari mulai pemurnian air minum hingga sterilisasi air rumah sakit.

1. Lampu UV Air Minum Isi Ulang

Ini adalah salah satu aplikasi paling populer dari UV Water Sterilizer, termasuk oleh klien-klien Ady Water.

Banyak klien Ady Water yang membeli lampu UV untuk kebutuhan depot air minum isi ulang.

Tersedia beberapa kapasitas untuk air minum isi ulang. Biasanya, untuk produksi galon minum per hari sebanyak 250 galon, pemilik depot menggunakan kapasitas UV 8 gpm.

Untuk produksi yang lebih banyak per hari, tentu saja menggunakan kapasitas yang lebih tinggi hingga 30 gpm

Ady Water menjual lampu UV dan ballast lampu UV dalam berbagai kapasitas. Hubungi Ady Water melalui:
Whatsapp
0821 4000 2080
0812 2445 1004
Email ke adywater@gmail.com





2. Lampu UV Mini / Lampu UV Rumah Tangga

Untuk kebutuhan rumah tangga, Anda bisa juga menggunakan lampu UV mini, yaitu lampu UV berkapasitas kecil antara 1 hingga 3 GPM.

Lampu UV mini ini mulai banyak dipakai oleh masyarakat khususnya di kota-kota besar, seperti Bandung, Bekasi, Depok, dan Jakarta.

Biasanya penggunaan lampu UV mini ini digunakan bersamaan dengan filter karbon, pasir, dan membran reverse osmosis mini (50 gpd).

3. Filter Air Industri Makanan dan Minuman

Di industri makanan dan minuman, kebutuhan sterilisasi air sangatlah urgen. Hal ini karena air yang digunakan dalam proses, air untuk konsumsi, air dalam proses masak dan pemanasan semuanya akan berakibat pada konsumen.

Jika air yang digunakan tidak disterilisasi oleh UV terlebih dahulu, masih ada kemungkinan terkandung bakteri, parasit, dan kuman.

Bagaimana dengan pemanasan? Bukankah pemanasan akan mematikan seluruh bakteri?

Hal tersebut betul, tapi jangan lupa bahwa pemanasan juga dapat merusak vitamin, protein, dan enzyme yang dimiliki oleh bahan makanan.

Oleh karena itu, perlu didesain sistem khusus yang menkorporasi keduanya untuk menghasilkan produk konsumsi yang aman, bernutrisi, dan bebas dari kontaminan mikroorganisme.

4. Sterilisasi Air Rumah Sakit

Sistem sterilisasi air di rumah sakit
Dalam penyediaan air di rumah sakit, baik untuk kebutuhan sanitasi, kebutuhan pencucian alat-alat medis, termasuk dalam menyediakan air minum untuk pasien, lampu UV berfungsi sebagai sterilisasi air hingga terbebas dari 99% kuman, bakteri, dan berbagai mikroorganisme.


5. Lampu UV Kolam Ikan

Jika Anda memiliki kolam atau pertambakkan ikan, tentu Anda tahu kan salah satu penyebab terbesar kematian ikan Anda adalah adanya kandungan bakteri, kuman, virus?

Mikroorganisme yang menyebabkan penyakit pada ikan, misalnya Flavobacterium psychrophilum
Flavobacterium psychrophilum
Ikan terinfeksi Flavobacterium psychrophilum
Tentu saja ini menimbulkan banyak kerugian pada petani ikan. Untuk memurnikan air di kolam dan tambak ikan Anda, Anda bisa menggunakan lampu UV Water Sterilizer ini.

Tentu saja, water sterilizer yang digunakan haruslah dengan kapasitas besar. Ady Water menyediakan UV berkapasitas besar hingga 170 GPM yang sudah teruji 24 jam sehari selama 9000 jam menyala dengan output yang konsisten.
Ady Water Jual Viqua SHF 140
Ady Water Jual Viqua SHF 140

6. Lampu UV untuk Cooling Tower

Cooling tower (Menara pendingin) dan loop resirkulasi adalah sistem pengeluaran panas. Mereka menggerakan panas menuju atmosfer dengan cara mendinginkan air menuju temperatur yang lebih rendah.

Proses ini berpotensi sebagai sumber masuknya kontaminan dan partikel dari udara dan tidak terlepas juga kontaminan dari air umpan, kondisi yang menyebabkan bertumbuhnya mikroorganisme.
Lampu UV di cooling tower
Microorganisms biasanya hidup di kondisi resirkulasi air dan di permukaan yang basah. Oleh karena itu, lampu UV water sterilizer bisa diaplikasikan di cooling tower ini.


7. Lampu UV untuk Kolam Renang

Kolam renang adalah salah satu tempat yang paling urgen untuk disterilisasi. Hal ini karena berbagai jenis bakteri yang menempel pada tubuh pengunjung berkumpul di satu tempat.

Biasanya, sistem sterilisasi air di kolam renang menggunakan klorinasi. Namun, sebagai subtitusi dari penggunaan klorin, Anda bisa mensterilisasi air menggunakan lampu UV.

Kelebihan menggunakan lampu UV water sterilizer dibandingkan klorin adalah penggunaannya yang mudah, mengurangi konsumsi bahan kimia, membuat air lebih jernih dan menyehatkan, serta ramah lingkungan.


Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.adywater.com
http://www.karbonaktif.org
http://www.pasirsilika.com

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.alatdometer.com
http://www.bodcodmeter.com
http://www.turbidutymeter.com
http://www.tocanalyzer.net
http://www.conductivitymeter.com

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.pengolahanlimbah.com

=================================

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
022 723 8019 ( call- fax)
022 6372 4915


0821 4000 2080 (Fajri Nur Adrianto)
0812 2445 1004 (Kartiko Chahyo Laksono)


0813 2259 9149 (WA)
0856 2476 9005
7C232720 (BBM)

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

===================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook
https://www.facebook.com/adylab/
http://www.facebook.com/adywater/
http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/
==================================
Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Bandung: goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2
Jakarta: goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw