Ini Dia 3 Cara Menurunkan ppm Air Baku Hidroponik! | Ady Water Jual Media Filter:conductivitymeter.net: Jual Harga pH TDS DO Meter, Conductivity Meter, UV Water, Ozone Generator

Bagaimana Cara Menurunkan ppm Air Baku Hidroponik?

Bagi Anda yang menggeluti dunia hidroponik, pertanyaan di atas seringkali terlintas dalam benak Anda bukan?

Sebagai petani hidroponik, Anda harus menjaga larutan hidroponik yang Anda gunakan memiliki ppm atau nilai TDS (Total Dissolved Solids) yang sesuai dengan masing-masing tanaman yang ingin Anda tumbuhkan.
Masing-masing tanaman memiliki nilai TDS yang berbeda-beda. Anda bisa baca beberapa nilai TDS hidroponik di link ini:


Namun terkadang air baku yang Anda gunakan untuk larutan hidroponik sudah memiliki nilai TDS, umumnya jika Anda menggunakan air baku dari air ledeng atau bahkan air sumur bor.

Percobaan yang dilakukan oleh Lets See Inside menunjukan nilai TDS air ledeng yaitu 234 ppm.

Jika air ledeng ini mau Anda gunakan untuk air baku hidroponik, maka Anda harus turunkan terlebih dahulu nilai ppm nya, lalu naikkan ppm sesuai larutan hidroponik yang Anda miliki.

Untuk memudahkan Anda, berikut adalah 6 Langkah agar larutan hidroponik Anda memiliki nilai TDS atau nilai ppm yang tepat:
1. Ukur nilai TDS air baku Anda menggunakan TDS meter. Ady Water punya rekomendasi TDS meter hidroponik untuk Anda di artikel ini Merek TDS Hidroponik Bagus 2020.
2. Turunkan dengan salah satu dari ketiga metode Cara Menurunkan ppm Air Baku Hidroponik
3. Ukur kembali nilai TDS
4. Naikkan nilai TDS menggunakan larutan hidroponik pilihan Anda.
5. Ukur kembali nilai TDS
6. Tambahkan larutan hidroponik hingga sampai pada titik nilai TDS yang Anda inginkan

Lalu bagaiman cara menurunkan ppm air baku hidroponik ini? Berikut adalah 3 metode nya.

1. Filter Karbon Aktif / Arang Aktif Penjernih Air
Karbon aktif atau arang aktif penjernih air adalah salah satu media filter yang paling banyak aplikasinya.

Karbon aktif digunakan untuk filtrasi air minum, air bersih, air aquarium, air kolam, air industrial, termasuk juga bisa digunakan untuk air hidroponik.

Hal ini karena karbon aktif memiliki karakteristik adsorpsi atau penyerap dengan kapasitas tinggi. Diantara zat yang mampu diserap oleh karbon aktif atau arang aktif adalah:
- Benzene
- Bromine
- Carbon disulfide
- Chloroform
- Citrus and other fruits
- Senyawa pembersih
- Asam sulfur
- Bau badan, bau limbah, bau belerang, bau ikan, dll
- Fenol
- Iodin
- Asam laktat
- Asam nitrat

Karbon aktif dapat menyerap kimia organik, VOC (volatile organic compound), bau, dan lain-lain.

Dengan menyerap materi-materi organik pada air baku hidroponik, nilai ppm air baku Anda akan menurun karena diserap oleh karbon aktif.

2. Destilasi
Metode destilasi adalah dengan menguapkan air hingga dalam bentuk gas kemudian mengembunkan kembali kepada bentuk cair pada wadah yang berbeda.

Air hasil destilasi biasa disebut dengan nama aquadest / akuades.

Hanya saja, metode destilasi ini umumnya dilakukan dalam skala kecil di laboratorium, atau menggunakan perlengkapan yang cukup mahal untuk kebutuhan industrial.

Metode destilasi digunakan untuk mencapai kemurnian tinggi air. Untuk kebutuhan yang membutuhkan kemurnian lebih tinggi lagi, dilakukan metode destilasi ganda.

Untuk kebutuhan hidroponik domestik atau sebagai hobi, jarang orang menggunakan metode destilasi untuk menurunkan ppm air baku hidroponik, tapi jika Anda tertarik Anda bisa belajar membuat aquadest di artikel ini.

3. Reverse Osmosis

Reverse Osmosis adalah osmosis terbalik adalah metode filtrasi menggunakan membran reverse osmosis dimana pori-pori membran adalah sebesar 0.0005 mikron.

0.0005 mikron ini sama dengan 5 angstrom. Dengan pori-pori sebesar ini, sebagian besar molekul partikel TDS akan tersaring sehingga menghasilkan air murni.

Metode reverse osmosis disebut juga nanofiltration karena ukuran pori-pori filtrasi yang sangat kecil dalam skala nanometer.

Jika Anda menggunakan metode ini untuk menurunkan ppm air baku hidroponik, dijamin Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan karena nilai ppm atau nilai TDS air baku hidroponik akan sangat rendah.

Setelah Anda menurunkan ppm air baku tersebut, Anda bisa menambahkan ppm dari larutan hidroponik yang Anda miliki.

Ady Water jual media filter seperti karbon aktif, pasir silika, antrasit, resin kation anion, zeolit, dan berbagai media lain untuk menurunkan ppm.

Hubungi Ady Water di
0821 4000 2080 (Fajri)