Ini Dia 5 Penyebab TDS Air Tinggi! Baca di Sini | ADY LAB Jual TDS Meter untuk Air Minum, Hidroponik, Aquarium, Air Limbah:conductivitymeter.net: Jual Harga pH TDS DO Meter, Conductivity Meter, UV Water, Ozone Generator

Apakah Penyebab TDS Air Tinggi?

Ini adalah pertanyaan yang seringkali ditanyakan untuk banyak sekali aplikasi, baik untuk air minum, aquarium, aquascape, kolam ikan, air limbah, hidroponik, dan lain-lain.

TDS air adalah salah satu parameter yang paling penting dikontrol untuk aplikasi-aplikasi tersebut, disamping parameter lain seperti pH, DO, BOD, COD, TSS, dan EC.

Untuk mengukur TDS, digunakan alat lab bernama TDS Meter, seperti yang dijual Ady Water.
TDS adalah singkatan dari Total Dissolved Solids atau total padatan terlarut. Ada juga TSS, singkatan dari Total Suspended Solids atau total padatan tersuspensi.

Keduanya menghasilkan TS atau Total Solids, yaitu jumlah padatan terlarut dan tersuspensi dalam air.
TS = TDS + TSS.

Jika disimpulkan, maka yang menyebabkan adanya TDS pada air adalah padatan terlarut. Jika tidak ada padatan terlarut, maka nilai TDS = 0.

Biasanya TDS diukur dalam satuan ppm atau parts per million (bagian per sejuta). Bisa juga dengan skala ppt atau parts per thousand (bagian per seribu).

Lalu apa penyebab TDS air tinggi? Ada beberapa penyebab.

1. Kandungan mineral tinggi seperti Kalium, Klorida, Natrium
Seringkali nilai TDS pada air tinggi diakibatkan keberadaan mineral tinggi yang paling sering ditemui di air seperti Kalium, Klorida, dan Natrium.
Mineral ini ditemui di air tanah, air sungai, air danau, air laut, air ledeng, dan sumber-sumber air yang biasa digunakan untuk aplikasi sehari-hari.

Hal ini karena mineral-mineral ini mudah larut dalam air, sehingga meningkatkan nilai TDS air menjadi tinggi.

Sebagai contoh, TDS air laut sangat tinggi, umumnya di atas 35.000 ppm. Laut mati memiliki nilai TDS tertinggi yaitu 290.000 ppm.

2. Pencemaran Limbah Industri
Pencemaran limbah industri pada air lingkungan yang tidak melalui sistem instalasi pengolahan air limbah (IPAL) bisa jadi memiliki kandungan TDS dan TSS yang sangat tinggi.

Kandungan TDS ini dapat menyerap ke air lingkungan dimana limbah industri ini dibuang dengan sembarangan.

Ady Water jual TDS meter untuk limbah industri yaitu TDS meter Hanna HI 8633

3. Erosi Tanah
Erosi tanah diakibatkan permasalahan di permukaan. Ia dapat disebabkan oleh illegal logging, kebakaran hutan, pertambangan, ataupun konstruksi.

Partikel dari erosi tanah dapat dibawa oleh air badai menuju air permukaan, sehingga dapat meningkatkan level TDS dan TSS pada air.

4. Pecahan dari Pemukiman
Saat badai atau banjir datang, pecahan partikel padatan dari area komersil dan pemukiman dapat terbawa arus.

Pecahan beton, jalanan, dan berbagai pecahan konstruksi lainnya meningkatkan infiltrasi dan kecepatan. Melalui badai dan banjir, sedimen dibawa ke sungai.

5. Pembusukan Hewan dan Tumbuhan
Saat hewan dan tumbuhan membusuk, partikel organik dapat terlepas. Hal ini dapat meningkatkan kadar TDS dan TSS pada air permukaan.

Itulah diantara penyebab TDS Air Tinggi. Jika Anda ingin beli TDS meter, silakan hubungi Ady Lab di
0821 4000 2080 (Fajri)