Inilah Dasar Teori dan Cara Kerja Conductivity Meter


Bagi Anda user conductivity meter dan yang bekerja yang berkaitan dengan treatment kualitas air, maka Anda harus mengetahui dasar teori dan cara kerja Conductivity Meter. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam penggunaan conductivity meter sehingga mendapatkan hasil yang tidak tepat dan tidak akurat. Tentu hal ini sangat berbahaya, baik air yang Anda gunakan adalah sebagai air industri, apalagi jika air tersebut air produk dalam manufaktur food & beverages.

Lalu, seperti ada dasar teori dan cara kerja conductivity meter? Sebelum kami memberitahukannya, bagi Anda yang berminat dengan conductivity meter terbaik yang dijual di ADY LAB, kami merekomendasikan conductivity meter HANNA HI 4321 di bawah ini.

Cara Kerja Conductivity Meter
bagaimana cara kerja conductivity meter Hanna HI 4321? Baca sampai selesai

Dasar Teori Conductivity Meter
Konduktivitas larutan adalah pengukuran seberapa banyak ions (partikel bermuatan dari garam, asam, dan basa terlarut) dalam sebuah liquid. Semakin banyak ion yang ada, maka semakin konduktif larutan tersebut. Hal ini sederhananya karena semakin banyak ion yang ada di larutan, maka semakin banyak partikel yang membawa electrons, komponen paling fundamental dalam kelistrikan, dan membuat larutan tersebut semakin konduktif saat beda potensial diterapkan pada larutan.

Cara kerja conductivity meter yang utama adalah dengan memanfaatkan detektor / sensor konduktivitas yang disebut dengan conductivity probe (batang konduktivitas), yang terdiri dari dua bagian yaitu anoda dan katoda yang biasanya dibuat dari bahan inert (tak bereaksi) seperti grafit. Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut.

Cara Kerja Conductivity Meter Pertama: Menyiapkan conductivity meter
Conductivity meter dalam satu paketnya adalah conductivity probe, conductivity meter, larutan standar (buffer), dan manual sheet. Ini adalah umumnya, baik conductivity meter yang Anda miliki dari HANNA, LUTRON, dan lain-lain.

Cara Kerja Conductivity Meter Kedua: Melakukan kalibrasi conductivity meter
Kalibrasi adalah metode untuk menstandarisasi ulang pengukuran conductivity meter agar hasil pengukurannya tepat dan meminimalisir error alat.

Cara Kerja Conductivity Meter Ketiga: Melakukan pengukuran konduktivitas
Cara nya adalah mencelupkan probe conductivity terhadap larutan sampel atau di lapangan dalam beberapa saat hingga hasil pengukuran di LCD tidak bergerak dan telah stabil, kira-kira dalam waktu 1 hingga 2 menit.
Cara Kerja Conductivity Meter
Ini adalah cara kerja conductivity meter untuk mengukur sampel

Cara Kerja Conductivity Meter Keempat: Mengeringkan dan menyimpan kembali conductivity meter
Jika Anda sebagai user telah selesai menggunakan conductivity meter, maka keringkan probe dan kembalikan alat pada case lalu simpan di tempat khusus dengan tidak ditumpuk agar tidak merusak alat.

Jika Anda berminat untuk membeli conductivity meter pada ADY LAB, maka silakan hubungi Ady Lab di:
022 723 8019 ( call- fax)
022 6372 4915
0821 4000 2080 (Fajri Nur Adrianto)
0812 2445 1004 (Kartiko Chahyo Laksono)

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Untuk melihat produk Ady Lab yang lain, Anda bisa masuk ke website:
https://www.conductivitymeter.net/
https://www.bodcodmeter.com/
https://www.turbidutymeter.com/
https://www.tocanalyzer.net/

Distributor & Supplier Alat Laboratorium


Click Me!

Distributor & Supplier Alat Laboratorium Ionix Singapore

Click Me!

Distributor & Supplier UV Viqua Sterilight Canada

Click Me!