13 Aplikasi pH Meter Dari Penelitian di Laboratorium Hingga Aplikasi di Dunia Industri | ADY LAB Jual pH Meter Digital | Harga pH meter APERA LUTRON HANNA:adylab: pH TDS Meter, Jual pH Meter, Harga DO Meter, Conductivity Meter, UV Water, Ozone Generator
harga ph meter, jual ph meter

Nilai pH adalah salah satu parameter yang harus diukur dalam berbagai aplikasi.

Bidang perkebunan, peternakan, pemurnian air minum, industri makanan dan minuman adalah segelintir dari banyak sekali aplikasi pengukuran pH.

Metode pengukuran pH air sendiri bermacam-macam.

Ada metode pengukuran menggunakan kertas lakmus yang biasanya dijadikan praktik siswa SMP dan SMA.
harga ph meter, jual ph meter

Ada metode pengukuran tradisional seperti menggunakan kunyit yang hingga kini masih dilakukan oleh sebagian petani.

Namun untuk kebutuhan industri dan pengukuran saintifik, metode pengukuran tradisional di atas jarang sekali dipakai, karena tidak akurat dan tidak memberikan nilai spesifik.

Untuk kebutuhan professional dan saintifik, digunakan alat bernama pH meter.

pH meter adalah device elektronik saintifik yang dapat memberikan nilai pH larutan dalam waktu singkat, presisi, dan akurat.

Ada banyak merek dan tipe pH meter, disesuaikan dengan kebutuhan user. Ady Water sendiri menjual 8 pH meter yang sudah teruji dan dipakai untuk kebutuhan laboratorium dan professional, yaitu:
1. pH meter Ionix
2. pH meter Lutron
3. pH meter Hanna Instrumenst
4. pH meter HM Digital
5. pH meter Takemura
6. pH meter Toledo
7. pH meter Horiba
8. pH meter Euctech 
harga ph meter, jual ph meter

Apalagi di dunia water treatment spesialisasi Ady Water, pemilihan pH meter harus mempertimbangkan banyak faktor karena setiap aplikasi water treatment bisa berbeda-beda kebutuhannya.

Klien Ady Water membeli pH meter dengan berbagai fungsi. Artikel ini akan merangkumnya dalam 

13 Aplikasi pH Meter Dari Penelitian di Laboratorium Hingga Aplikasi di Dunia Industri
Sebelum berbicara fungsi pH meter yang banyak, mari kita bahas terlebih dahulu dasar teori dari pH meter tersebut.
Dasar Teori pH Meter yang Anda Gunakan
menggunakan robot untuk mengontrol ph meter secara presisi
menggunakan robot untuk mengontrol ph meter secara presisi
Siapapun Anda, baik seorang mahasiswa, QC, ataupun petani yang akan melakukan pengukuran pH, Anda sebaiknya tahu bagaimana dasar teori pH meter bekerja.

Informasi ini akan memberikan Anda insight sehingga Anda lebih paham apa arti angka yang tertera dalam display pH meter Anda.

Basis pH meter adalah pengukuran terhadap konsentrasi ion H+ yang terdapat di dalam suatu larutan. Ini adalah fungsi utama pH meter.

Memang, ada pH meter yang bersifat multiparameter; artinya mampu mengukur parameter lain seperti beda potensial dan ORP. Namun, fungsi tersebut hanya pelengkap saja pada pH meter.

Dalam kimia, sederhananya pH adalah skala untuk menunjukkan seberapa asam atau basa suatu larutan.

Jika nilai pH di bawah 7, berarti larutan tersebut asam. Jika nilai pH di atas 7, berarti larutan tersebut basa.

Bagaimana jika nilai nya pas di angka 7? Berarti larutan tersebut netral.

Keterangan: pengukuran dilakukan di suhu temperatur ruangan. Dalam beberapa kondisi, perbedaan temperatur yang signifikan bisa merubah nilai pH meskipun laruan tersebut normalnya asam atau basa.
skala asam basa barang sehari-hari
skala asam basa barang sehari-hari
Gambar di atas adalah barang yang kita temui sehari-hari. Misalnya barang yang mendekati pH 0 seperti aki mobil kita.

pH mendekati 0 berarti menunjukkan asam kuat. Ada 6 jenis asam kuat, yaitu:
Asam perklorat (HClO4), asam klorida (HCl), asam bromida (HBr), asam iodida (HI), asam nitrat (HNO3), dan asam sulfat (H2SO4).

Di ujung atas, ada barang yang mendekati pH 14 seperti berbagai sabun cair pembersih lantai.

pH mendekati 14 berarti menunjukkan basa kuat. Ada 6 jenis basa kuat, yaitu:
Lithium hidroksida (LiOH), natrium hidroksida (NaOH), kalium hidroksida (KOH), kalsium hirdoksida (Ca(OH)2), strontium hidroksida (Sr(OH)2), dan Barium hidroksida (Ba(OH)2)

Angka pH dari 0-14 tidak bersifat linear. Zat dengan pH 2 bukan berarti konsentrasi ion H+ nya 2 kali lipat dari zat dengan pH 1.

Melainkan angka pH tersebut bersifat negatif logaritmik basis 10. Artinya, zat dengan pH 5 memiliki konsentrasi ion H+ 100 kali lebih banyak dibandingkan zat yang memiliki pH 7
rumus pH
Setiap larutan yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari memiliki nilai pH tertentu. Produksi larutan tersebut pun sudah dirancang melalui berbagai pertimbangan sehingga memiliki nilai pH tersebut.

Jus jeruk yang kita beli di minimarket, deterjen yang kita pakai mencuci, air accu zuur yang kita pakai di motor kita, semua diproduksi dengan standar nilai pH tertentu sesuai dengan kebutuhannya.
Kira-kira berapa nilai jus jeruk yang sering Anda minum di atas?
Kira-kira berapa nilai jus jeruk yang sering Anda minum di atas?
Jika Anda ingin membeli pH meter merek IONIX, Lutron, Hanna Instruments, HM digital, Takemura, Toledo, Horiba, atau Euctech, hubungi Ady Water di:
Whatsapp
0821 4000 2080
0812 2445 1004
Atau kirim email ke adywater@gmail.com
harga ph meter, jual ph meter

Tahapan Cara Menggunakan pH Meter
Sales Ady Water Pak Fajri Memeragakan Penggunaan pH Meter
Sales Ady Water Pak Fajri Memeragakan Penggunaan pH Meter
Setiap alat ukur membutuhkan prosedur penggunaan. Semakin presisi dan semakin akurat sebuah alat ukur, maka user biasanya harus lebih ketat dalam mengikuti aturan penggunaannya.

Sebagai contoh, Anda ketika dulu sekolah pasti pernah mengukur garis di kertas buku belajar Anda bukan? Penggaris yang merupakan alat ukur Anda paling akurat biasanya skala 1 mm.

Tapi kalau Anda ingin mengukur seberapa tebal kertas HVS, tidak mungkin Anda menggunakan penggaris biasa kan? Manufaktur kertas HVS menggunakan alat ukur digital untuk mengukur tebal kertas tersebut dengan skala bisa mencapai 1 mikron bahkan lebih kecil.

Begitupun dengan mengukur pH dengan pH meter. pH meter adalah device elektronik saintifik yang bekerja dengan prosedur baku. Prosedur ini tidak boleh diloncat-loncat karena akan menghasilkan pembacaan pH yang salah.

Tahapan menggunakan pH meter adalah sebagai berikut:
1. Persiapkan satu set pH meter Anda. Set pH meter harus terdiri dari bagian-bagian pH meter, yaitu pH meter, probe/elektrode, dan larutan buffer.
Set pH meter Ionix Ady Water
Set pH meter Ionix Ady Water
2. Pastikan pH meter Anda berjalan dengan baik, baik secara fisik maupun elektronik. Selalu dibawa manual sheet untuk mengantisipasi jika ada permasalahan.

3. Kalibrasi pH meter. Kalibrasi dengan menggunakan larutan buffer, yaitu larutan dengan pH spesifik, misalnya 7,0 pH. Keringkan sebelum dipakai.

4. Siapkan larutan yang hendak diukur pH nya. Larutan ini bisa sampel air kolam untuk penelitian lingkungan, sampel air limbah untuk pengolahan WWTP, atau larutan apapun yang hendak diukur pH nya.

Ukur dengan mencelupkan probe ke dalamnya. Diamkan hingga hasil yang tertera di layar tidak berubah lagi, lalu simpan set data di dalam pH meter atau dicatat secara manual.

5. Jika tersedia beberapa larutan kimia yang hendak diukur, maka bersihkan probe dengan dibilas menggunakan air destilasi, lalu kalibrasi kembali sebelum pengukuran.

6. Jika telah selesai, simpan dengan baik ke tempatnya

Nah, untuk menambah wawasan kita, mari kita lihat 13 Aplikasi pH meter

1. Depot Air Minum Isi Ulang
Pengukuran pH meter pada depot air minum isi ulang adalah salah satu syarat yang diperlukan untuk izin depot.

Biasanya, tingkat akurasi yang dibutuhkan adalah satu angka dibelakang koma, meskipun ada juga depot yang menggunakan pH meter yang lebih akurat.

Pengukuran pH ini biasanya bersifat berkala dalam waktu mingguan atau bulanan, tidak perlu dilakukan setiap hari.

Hal ini karena sistem depot air isi ulang menghasilkan output yang konstan dan filter air yang regenerasi / penggantiannya relatif dalam jangka panjang atau menengah.

Pun, membran RO yang digunakan pada depot air isi ulang juga berperan untuk menghilangkan hampir 99% kontaminan sehingga menghasilkan air murni dengan nilai pH = 7.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai membran RO, Anda bisa baca di:

2. Industri Air Mineral Botol / Gelas

Air mineral komersial
Air mineral komersial
Tentu Anda semua pernah membeli air mineral dalam botol atau gelas kan? Manufaktur air mineral brand Aqua, Le Minerale, ataupun brand lainnya menerapkan quality control yang ketat untuk pengukuran pH air nya.

U.S. Environmental Protection Agency (EPA) merekomendasikan air yang digunakan untuk publik dijaga dalam rentang nilai pH antara 6.5 dan 8.5

Tanpa menyebut merek, Anda juga mungkin pernah mendengar air alkali yang dijual untuk konsumsi minum kan?

Alkali adalah garam ionik basa dari suatu unsur kimia alkali logam atau alkali tanah. Larutan alkali memiliki nilai pH lebih dari 7 (bersifat basa).

Untuk konsumsi sekali-kali aman saja. Namun, beberapa studi sebagaimana dikutip dari healthline.com menunjukkan konsumsi air alkali berlebihan dapat memberikan efek metabolic alkalosis, kondisi dengan gejala sebagai berikut:
1. Pusing
2. Muntah
3. Tangan gemetaran
4. Otot berkedut
5. Ada rasa geli pada wajah

Karena itu, lebih baik Anda memoderasi konsumsi air alkali jika Anda suka meminumnya.

3. Industri Soft Drink

soft drink
soft drink
Banyak remaja dan pemuda menyukai minuman bersoda atau soft drink. Tahukah Anda berapa nilai pH dari soft drink yang Anda minum?

Sebagian besar soft drink memiliki pH di bawah 7 atau bersifat asam. Dikutip dari sheltondentistry.com, berikut beberapa nilai pH soft drink yang biasa diminum:
A&W Root Beer pH 4.75
Sprite pH 3.29
7UP pH 3.20
Coke Zero pH 3.18
Diet Pepsi pH 3.03
Coca-Cola pH 2.52

Ingat, jangan terlalu banyak minum soft drink ya! Selain karena asam berpotensi merusak gigi dan lambung, ada juga bahaya lain seperti gula yang sangat banyak dalam satu kaleng soft drink.

4. Industri Dairy (Produk Susu)

Industri produk susu seperti manufaktur yoghurt, keju, mentega, susu mengukur pH setiap hari sebagai bagian dari QC produk.

Urgensi pengukuran pH pada produk dairy sebagaimana dikutip dari camlab.info adalah sebagai berikut:

Manufaktur keju: Nilai pH akan menentukan apakah keju tersebut lembut atau keras. pH juga diukur saat penyiapan, pemasaman susu, dan pendewasaan krim. Pertumbuhan pathogens pada keju juga bisa diperlambat dengan menjaga pH keju dalam rentang 4.1 - 5.3.

Manufaktur mentega: Setelah pasteurisasi, krim didinginkan dan harus dijaga dalam nilai pH yang ketat antara 6.70 - 6.85 untuk menghasilkan mentega manis. Untuk menghasilkan mentega asam, ekstrak asam ditambahkan sehingga pH di antara 4.6 -5.0.

Manufaktur yogurt: Pendinginan susu berbakteri yogurt dilakukan setelah pengasaman mencapai nilai pH antara 4.4 - 4.6.

5. Pertanian dan Perkebunan

pH meter tanah
pH meter tanah
Pada bidang pertanian dan perkebunan, nilai pH tanah adalah salah satu parameter paling penting, bahkan bisa menentukan gagal atau berhasilnya tumbuh tanaman.

Beberapa tanaman memiliki nilai rentang pH yang luas, semenara sebagian lainnya memiliki nilai rentang pH yang sempit.

Artinya, semakin sempit rentang pH maka semakin ketat penjagaan nilai pH yang harus dilakukan oleh petani.

Oh ya, untuk pH meter tanah, Ady Water jual pH meter tanah merk Takemura.
ady water jual ph meter tanah
ady water jual ph meter tanah
Dikutip dari pssurvival.com, berikut adalah daftar nilai pH tanah yang dibutuhkan oleh beberapa tanaman:
Asparagus pH 6.0 - 8.0
Kacang pH 6.0 - 7.5
Brokoli pH 6.0 - 7.0
Kubis pH 6.0 - 7.5
Wortel pH 5.5 - 7.0 
Kol pH 5.5 - 7.5
Jagung manis pH 5.5 - 7.5
Ketimun pH 5.5 - 7.5 
Bawang putih pH 5.5 - 7.5
Bawang daun pH 6.0 - 8.0
Mint pH 7.0 - 8.0
Paprika pH 7.0 - 8.5 
Apel pH 5.0 - 6.5 
Alpukat pH 6.0 - 7.5

Jika petani tidak menjaga nilai pH tanahnya secara berkala, besar kemungkinan tanaman yang hendak ditumbuhkan akan gagal atau rusak.

6. Akademik (Sekolahan)

pH meter dibutuhkan di lingkup akademik seperti SMP dan SMA untuk praktik Ilmu Pengetahuan Alam dalam mengukur nilai pH berbagai barang yang ditemui sehari-hari.

Tentu saja, pH meter yang digunakan di sekolah akan berbeda dengan pH yang digunakan di industri, baik tingkat akurasi, presisi, dan tentunya harga nya.

Jika Anda ingin mengetahui harga dan membeli pH meter merek IONIX, Lutron, Hanna Instruments, HM digital, Takemura, Toledo, Horiba, atau Euctech, hubungi Ady Water di:
Whatsapp
0821 4000 2080
0812 2445 1004
Atau kirim email ke adywater@gmail.com

7. Industri Sabun dan Deterjen

Manufaktur sabun dan deterjen untuk kebutuhan mandi, cuci piring, cuci pakaian dan sebagainya membutuhkan pengontrolan nilai pH yang ketat.

Kulit kita yang sehat umumnya memiliki nilai pH 5.4-5.9. Menggunakan sabun dengan pH tinggi dapat menyebabkan kenaikan pH kulit, sehingga menimbulkan efek dehidrasi dan iritasi.

Sebagian besar sabun mandi memiliki nilai pH antara 9-10 dan sampo memiliki nilai pH antara 6-7, sebagaimana dikutip dari studi yang dilakukan Jose Tarun dkk (2014) berjudul Evaluation of pH of Bathing Soaps and Shampoos for Skin and Hair Care.

Deterjen cuci pakaian juga memiliki nilai pH yang tinggi (basa).

Oleh karena itu, biasanya untuk kebutuhan pasien yang kulitnya sensitif, direkomendasikan sabun khusus dengan nilai pH mendekati nilai kulit.

8. Kolam Renang

Level pH pada kolam renang dapat fluktuatif jika tidak dijaga. Hal ini karena pada kolam renang bercampur berbagai bahan kimia seperti media filter (klorin, tawas) maupun keringat pengunjung kolam renang.

Dikutip dari howstuffworks.com, kadar pH kolam renang dijaga dalam rentang 7.2 - 7.8. Untuk menaikkan nilai pH ditambahkan asam sementara menurunkan nilai pH ditambahkan alkali.

9. Industri Larutan Kimia

larutan kimia
larutan kimia
Pengukuran pH pada industri larutan kimia haruslah sangat akurat dan presisi. pH meter yang digunakan harus memiliki akurasi hingga 0,01 pH dan dalam produksi tidak boleh terdapat kesalahan pengukuran sedikitpun.

Diantara contoh larutan kimia untuk kebutuhan komersil massal adalah asam sulfat dan asam klorida yang salah satu penggunaannya di bidang WWTP atau pengolahan air limbah.

Kalau Anda membutuhkan asam sulfat dan asam klorida, Anda bisa menghubungi Ady Water di:
Whatsapp 0821 1996 6885 (Mustofa)
Email adywater@gmail.com
Ady Water Jual Asam Sulfat
Ady Water Jual Asam Sulfat

10. Industri Water Treatment

Ady Water jual karbon aktif
Ady Water jual karbon aktif
Media Water Treatment seperti Karbon Aktif, Zeolit, Corosex memiliki nilai pH yang ketat dan harus dijaga dalam manufakturnya.

Manufaktur karbon aktif menggunakan metode acid treatment dalam pembuatannya, yaitu menambahkan asam untuk aktivasi karbon secara kimia.

Dikutip dari igcl.com, nilai karbon aktif berbasis tempurung kelapa biasanya berkisar antara pH 9 - 11. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang karbon aktif bisa Anda baca di:

Dalam studi yang dilakukan Oktarina Heriyani (2016), penggunaan zeolit ternyata mempengaruhi nilai pH untuk filtrasi air banjir. Zeolit sendiri biasanya bersifat basa.

Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang zeolit di link berikut:

Corosex adalah media yang biasa digunakan dalam industri water treatment untuk menaikkan pH larutan.

Kontrol pH sangat dibutuhkan misalnya untuk menyiapkan air sebelum masuk ke membran reverse osmosis.

Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang Corosex dan berbagai media filter lainnya di link berikut:

11. Industri Borax

borax
borax
Borax adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi. Di industri, borax digunakan sebagai bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoa.

Di Indonesia, sempat heboh borax disalahgunakan sebagai bahan pengawet baso dan bahan daging lainnya, yang ini sangat membahayakan manusia.

Nilai pH borax adalah 9,3.

12. Industri Asam Baterai

Asam baterai atau biasa orang menyebut air aki / accu yang digunakan dalam baterai mobil adalah asam sulfat (H2SO4).

Asam ini akan bereaksi dengan timbal pada baterai dan menghasilkan elektron (listrik). Nilai pH asam sulfat adalah 0,3 dan sangat berbahaya jika kontak dengan kulit atau mata.

13. Industri Rokok

Konsumsi rokok di Indonesia termasuk terbesar di dunia. Menurut catatan tribunnews.com, pengeluaran untuk rokok dalam sehari mencapai Rp. 1 triliun dalam sehari.

Nilai pH pada rokok menentukan faktor tingkat racunnya. Studi yang dilakukan Brunnemann dkk (1974) menghasilkan nilai pH rokok tertentu sebesar 6.2.

Aplikasi pH tidak terbatas pada 13 industri di atas, melainkan praktis hampir di setiap industri, seperti industri pertambangan, industri pengolahan logam, industri pengolahan limbah, pertambakkan ikan dan udang, dan lain-lain.

Jika Anda ingin mengetahui harga dan membeli pH meter merek IONIX, Lutron, Hanna Instruments, HM digital, Takemura, Toledo, Horiba, atau Euctech, hubungi Ady Water di:
Whatsapp
0821 4000 2080
0812 2445 1004
Atau kirim email ke adywater@gmail.com