Whatsapp

Periksa Tingkat Keasaman Tanah Agrikultur Anda Dengan pH Meter Takemura

Harga PH Meter, Harga PH Meter air laut, Harga PH Meter air minum, Harga PH Meter air surabaya, Harga PH Meter digital, Harga PH Meter hanna, Harga PH Meter tanah, Harga PH Meter tanah digital terbaru, Harga PH Meter tanah takemura
ph Meter tanah Takemura DM-5


Anda telah mengeluarkan modal besar untuk membeli lahan, membeli bibit unggul, membeli pupuk memperkejakan banyak karyawan untuk menggarap lahan, hanya untuk menghasilkan tanaman rusak seperti ini?

Anda berambisi menjadi pebisnis AGRIKULTUR sukses?

Anda kemudian membeli pupuk yang lebih mahal, pupuk kimia ataupun organik, namun hasilnya percuma?

Pemberian pupuk ini PERCUMA jika Anda lupa satu hal yang paling vital dalam menggarap agrikultur, yaitu pemeriksaan tingkat keasaman tanah.

PENGARUH pH TANAH PADA PERTUMBUHAN TANAMAN


pH menentukan mudah tidaknya ion-ion unsur hara diserap oleh tanaman. Unsur hara inilah yang terdapat dalam pupuk yang Anda berikan. Namun, jika pH tanah tidak balance, maka unsur hara yang sangat berharga tersebut tidak akan berpengaruh pada tanaman.


Pada umumnya unsur hara akan mudah diserap tanaman pada pH 6-7, karena pada pH tersebut sebagian besar unsur hara akan mudah larut dalam air.

Derajat pH dalam tanah juga menunjukkan keberadaan unsur-unsur yang bersifat racun bagi tanaman. Jika tanah masam akan banyak ditemukan unsur alumunium (Al) yang selain meracuni tanaman juga mengikat phosphor sehingga tidak bisa diserap tanaman.

Selain itu pada tanah masam juga terlalu banyak unsur mikro yang bisa meracuni tanaman. Sedangkan pada tanah basa banyak ditemukan unsur Na (Natrium) dan Mo (Molibdenum).

Kondisi pH tanah juga menentukan perkembangan mikroorganisme dalam tanah. Pada pH 5,5 – 7 jamur dan bakteri pengurai bahan organik akan tumbuh dengan baik.

Demikian juga mikroorganisme yang menguntungkan bagi akar tanaman juga akan berkembang dengan baik.




Setelah kita mengukur pH tanah dan telah kita ketahui keasamannya lalu apa yang akan kita perbuat pada tanah kita tersebut?

Jika pH tanah yang kita ukur tadi tidak sesuai harapan kita tentunya kita melakukan treatment pH tanah, apakah menaikkan atau mengurangi tersebut sesuai dengan yang kita harapkan, tergantung pada rentang tingkat keasaman tanah yang diijinkan oleh bibit yang hendak kita tanam.

Secara umum, pH tanah yang ideal untuk semua jenis tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura di Indonesia adalah antara 6 sampai 7.

silakan hubungi Ady Lab di:

022 723 8019 ( call- fax)
022 6372 4915
0821 4000 2080 (Fajri)
0812 2445 1004 (Kartiko)

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830
advertise
advertise
advertise
advertise