Click Me!
Click Me!
Click Me!

Jenis pengukuran konduktiviti ada dua macam, yaitu konduktiviti kontak (contacting conductivity) dan konduktiviti induktif (inductive conductivity). Pemilihan pengukuran bergantung pada jumlah konduktiviti, cairan perusak (korosi) dan jumlah padatan yang tersuspensi. Secara umum, metode induktif lebih baik digunakan ketika kodisi konduktivitas tinggi, cairan korosif atau adanya padatan yang tersuspensi. 

Sebagian besar sensor konduktiviti kontak terdiri dari dua elektroda logam, yang biasanya berbahan stainless steel atau titanium yang akan dicelupkan ke dalam larutan elektrolit. Analyzer yang digunakan merupakan tegangan bolak-balik menuju elektroda. Medan elektrik yang berada disekitarnya menyebabkan ion-ion berpindah balik yang terus-menerus sehingga menghasilkan arus. 

Disebabkan pembawa muatan ion-ion, arus tersebut disebut dengan arus ionik. Pengukuran arus analyzer dan hukum ohm bertujuan untuk menentukan resistansi larutan (resitansi=tegangan/arus). Konduktansi larutan tersebut merupakan timbal balik dari resistansi. 

Arus ionik bergantung pada konsentrasi total ion-ion yang berada di dalam larutan dengan panjang dan luas area larutan melalui lajur alirnya. Sebagian arus ditetapkan sebagai bentuk geometri sensor atau kontanta sel yang mempunyai panjang/area 1/cm unit. Konduktan multiple adalah koreksi konstanta sel terhadap bentuk geometri sensor terhadap pengukuran. 

Hasilnya adalah konduktiviti yang bergantung terhadap konsentrasi ion-ion. Meskipun demikian, konstanta sel memilki interpretasi geometrinya (panjang/area), hal ini dikarenakan perhitungan pengukuran dimensinya jarang ditentukan. 

Konsentrasi ion di dalam larutan berbanding lurus dengan daya hantar listriknya. Semakin banyak ion mineral yang terlarut, maka akan semakin besar kemampuan larutan tersebut untuk menghantarkan listrik. Sifat kimia inilah yang digunakan sebagai prinsip kerja conductivity meter. 

Sebuah sistem conductivity meter tersusun atas dua elektrode, yang dirangkaikan dengan sumber tegangan serta sebuah ampere meter. Elektrode-elektrode tersebut diatur sehingga memiliki jarak tertentu antara keduanya (biasanya 1 cm). Pada saat pengukuran, kedua elektrode ini dicelupkan ke dalam sampel larutan dan diberi tegangan dengan besar tertentu. Nilai arus listrik yang dibaca oleh ampere meter, digunakan lebih lanjut untuk menghitung nilai konduktivitas listrik larutan.

Distributor & Supplier Alat Laboratorium


Click Me!

Distributor & Supplier Alat Laboratorium Ionix Singapore

Click Me!

Distributor & Supplier UV Viqua Sterilight Canada

Click Me!

Hubungan pH, TDS Dan Conductivity Meter

Apakah ada hubungan secara langsung antara conductivity dengan pH?

Konduktivitas adalah kemampuan suatu larutan dalam menghantarkan arus listrik. Jadi, nilai konduktivitas akan menunjukkan konsentrasi ion dalam larutan.
pH menunjukkan derajat keasaman atau keberadaan konsentrasi ion yang specific pada ion H+ dan OH- saja.

Permisalan yang paling mudah. Coba ke dalam air larutkan garam dan satunya larutkan gula. Kemudian coba tes konduktivitas keduanya. Konduktivitas larutan garam dibandingkan air mula-mula akan meningkat dikarenakan adanya penambahan garam yang jika dilarutkan dalam air, dimana garam akan terurai menjadi ion-ionnya. Dengan kata lain, ion-ionnya bertambah, maka kemampuan menghantar arus listrik jg bertambah.
Nah, sekarang coba ukur pada larutan gula. Tidak ada perubahan konduktivitas pada larutan gula dibandingkan konduktivitas air mula2. Karena gula tidak dapat terurai menjadi ion di dalam air.
Itu tentang konduktivitas.

Sekarang coba diukur pH-nya.
pH kedua larutan sama. Ka…

Harga Alat Pengukur pH Meter Air Hanna Instruments HI 8424 Bandung, Jakarta, Surabaya | AdyLab Solusinya.

Harga Alat Pengukur pH Meter Air Hanna Instruments HI 8424 | Ady Lab Jual pH Meter Digital Murah di Bandung, Jakarta Surabaya. Cari Agen/Suplier/Toko/Distributor/Penjual Alat Ukur Ph Meter Air Tanah Laboratorium Baik Itu Digital/Portable/Pocket Yang Murah? Ady Lab solusinya.
Jika Anda mau beli pH meter mungkin akan cari pH meter yang berkualitas, mereknya terpercaya, pelayanan purna jual oke, barang ready, harga cocok dengan kantong, dan sales yang siap membantu? Itu rata-rata kriteria saat beli pH meter, UV Water, TDS meter, DO meter maupun barang lainnya.
Berapa sih harga alat ukur pH meter air dan tanah yang dijual oleh ady lab? Oke, kami coba jawab pertanyaan kedua sebelum menjawab mengenai harga alat ukur pH Meter yang kami jual.
Adylab adalah agen/suplier/toko/distributor/penjual alat ukur pH meter air dan tanah dengan merek Hanna, Lutron, Ionix, Hach, Eutech, Mettler Toledo, Horiba. 
Adapun harga yang kami tawarkan sangat kompetitf dan didukung oleh FULL SERVICE oleh sales engineer…