Click Me!
Click Me!
Click Me!

Conductivity Meter Hanna Instruments HI 8633


Koduktiviti (Conductivity) meter adalah alat untuk mengukur nilai konduktivitas listrik (specific/electric conductivity) suatu larutan atau cairan. Nilai konduktivitas listrik sebuah zat cair menjadi referensi atas jumlah ion serta konsentrasi padatan TDS (Total Dissolved Solid) yang terlarut di dalamnya. Pengukuran jumlah ion di dalam cairan menjadi penting untuk beberapa kasus, salah satu contoh adalah untuk memonitor kualitas air boiler. Hal ini terkait pengaruh konsentrasi ion-ion mineral terhadap terjadinya korosi pada pipa boiler.

Konsentrasi ion di dalam larutan berbanding lurus dengan daya hantar listriknya. Semakin banyak ion mineral yang terlarut, maka akan semakin besar kemampuan larutan tersebut untuk menghantarkan listrik. Sifat kimia inilah yang digunakan sebagai prinsip kerja conductivity meter. Sebuah sistem conductivity meter tersusun atas dua elektrode, yang dirangkaikan dengan sumber tegangan serta sebuah ampere meter. Elektrode-elektrode tersebut diatur sehingga memiliki jarak tertentu antara keduanya (umumnya 1 cm). Pada saat pengukuran, kedua elektrode ini dicelupkan ke dalam sampel larutan dan diberi tegangan dengan besar tertentu. Nilai arus listrik yang dibaca oleh ampere meter, digunakan lebih lanjut untuk menghitung nilai konduktivitas listrik larutan. 

Prinsip Kerja Conductivity Meter

Rumus dasar rangkaian listrik berikut:
V = R x I
Dimana V adalah tegangan listrik rangkaian (volt), I untuk arus listrik rangkaian (ampere), dan R untuk tahanan listrik rangkaian (Ω). Tahanan listrik (R) berbanding lurus dengan jarak antara dua elektrode (l) conductivity meter, dan berbanding terbalik dengan luas area electrode.
R = ( l/A ) x ρ
Dimana ρ adalah tahanan listrik spesifik (Ω.m) larutan. Jika persamaan awal dan kedua digabungkan, akan didapatkan persamaan berikut:   
V/I = ( l/A ) x ρ
Dan karena nilai ( l/A ) adalah konstan untuk setiap conductivity meter, maka dapat diganti dengan sebuah konstanta (C):
V/I = C x ρ
Conductivity meter sebenarnya tidak mengukur nilai konduktifitas listrik, tetapi mengukur konduktivitas listrik spesifik (specific conductivity). Konduktivitas listrik spesifik adalah nilai konduktivitas listrik untuk tiap satu satuan panjang. Konduktivitas listrik spesifik ini disimbolkan dengan κ (Kappa), adalah kebalikan dari tahanan listrik spesifik (ρ):
κ = ¹ / ρ
Dimana konduktivitas listrik spesifik menggunakan satuan S/m (Siemens per meter). Dan jika persamaan di atas dimasukkan ke dalam persamaan, maka akan kita dapatkan persamaan umum perhitungan nilai konduktivitas listrik spesifik.
κ = C x I / V
Prinsip kerja conductivity meter menggunakan persamaan di atas. Dimana besar tegangan listrik (V) ditentukan oleh sistem, besar arus listrik (I) adalah parameter yang diukur, serta konstanta (C) didapatkan sebelumnya dari proses kalibrasi conductivity meter dengan menggunakan larutan yang diketahui nilai konduktivitas spesifiknya.

Selain Conductivity Meter, kami juga menyediakan Alat Laboratorium lainnya, seperti: Analytical Balance - BOD Meter - COD Meter - TDS Meter - Chlorine Meter - DO Meter - Multiparameter - ORP Meter - Photometer - pH Meter - Turbidity Meter - TSS Meter.

Distributor & Supplier Alat Laboratorium


Click Me!

Distributor & Supplier Alat Laboratorium Ionix Singapore

Click Me!

Distributor & Supplier UV Viqua Sterilight Canada

Click Me!

Hubungan pH, TDS Dan Conductivity Meter

Apakah ada hubungan secara langsung antara conductivity dengan pH?

Konduktivitas adalah kemampuan suatu larutan dalam menghantarkan arus listrik. Jadi, nilai konduktivitas akan menunjukkan konsentrasi ion dalam larutan.
pH menunjukkan derajat keasaman atau keberadaan konsentrasi ion yang specific pada ion H+ dan OH- saja.

Permisalan yang paling mudah. Coba ke dalam air larutkan garam dan satunya larutkan gula. Kemudian coba tes konduktivitas keduanya. Konduktivitas larutan garam dibandingkan air mula-mula akan meningkat dikarenakan adanya penambahan garam yang jika dilarutkan dalam air, dimana garam akan terurai menjadi ion-ionnya. Dengan kata lain, ion-ionnya bertambah, maka kemampuan menghantar arus listrik jg bertambah.
Nah, sekarang coba ukur pada larutan gula. Tidak ada perubahan konduktivitas pada larutan gula dibandingkan konduktivitas air mula2. Karena gula tidak dapat terurai menjadi ion di dalam air.
Itu tentang konduktivitas.

Sekarang coba diukur pH-nya.
pH kedua larutan sama. Ka…

Harga Alat Pengukur pH Meter Air Hanna Instruments HI 8424 Bandung, Jakarta, Surabaya | AdyLab Solusinya.

Harga Alat Pengukur pH Meter Air Hanna Instruments HI 8424 | Ady Lab Jual pH Meter Digital Murah di Bandung, Jakarta Surabaya. Cari Agen/Suplier/Toko/Distributor/Penjual Alat Ukur Ph Meter Air Tanah Laboratorium Baik Itu Digital/Portable/Pocket Yang Murah? Ady Lab solusinya.
Jika Anda mau beli pH meter mungkin akan cari pH meter yang berkualitas, mereknya terpercaya, pelayanan purna jual oke, barang ready, harga cocok dengan kantong, dan sales yang siap membantu? Itu rata-rata kriteria saat beli pH meter, UV Water, TDS meter, DO meter maupun barang lainnya.
Berapa sih harga alat ukur pH meter air dan tanah yang dijual oleh ady lab? Oke, kami coba jawab pertanyaan kedua sebelum menjawab mengenai harga alat ukur pH Meter yang kami jual.
Adylab adalah agen/suplier/toko/distributor/penjual alat ukur pH meter air dan tanah dengan merek Hanna, Lutron, Ionix, Hach, Eutech, Mettler Toledo, Horiba. 
Adapun harga yang kami tawarkan sangat kompetitf dan didukung oleh FULL SERVICE oleh sales engineer…