Berdasarkan Standar Pemerintah Amerika Serikat (FDA) dalam penentuan kadar TDS untuk air mineral adalah 250 ppm. Secara alamai yang terjadi pada proses alam tidak ada istilah air murni tanpa kandungan mineral dalam air minum tersebut, dengan kata lain adalah konsentrasi TDS-nya 0 ppm.

Pada air asli pegunungan yang sering dikatakan sebagai air yang bersih dan higienis, namun tetap saja mengandung mineral yang merupakan resapan air dari jenis tanah dan batu alam. Mineral sangat penting bagi tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya. Sebab mineral yang terkandung dalam air sangat penting bagi proses pertumbuhan dan metabolisme makhluk hidup.

Dalam mengukur kandungan mineral yang terlarut dalam air perlu dilakukan secara berkala, agar kualitas air dengan pengontrolan tersebut akan terjamin. Alat yang digunakan untuk mengukur kandungan mineral dalam air adalah TDS meter. Alat TDS meter ini umumnya portabel, mudah, dan sederhana. Total padatan terlarut (TDS) merupakan bahan-bahan terlarut dalam air yang tidak tersaring dengan kertas saring millipore dengan ukuran pori 0,45 μm. Padatan ini terdiri dari senyawa-senyawa anorganik dan organik yang terlarut dalam air, mineral, dan garam. Penyebab utama terjadinya TDS adalah bahan anorganik berupa ion-ion yang umum dijumpai. Sebagai contoh air pembuangan/limbah sering mengandung molekul sabun, deterjen dan surfaktan yang larut air, misalnya pada air buangan rumah tangga dan industri pencucian.

Prinsip kerja konduktivitas elektro adalah dua buah probe dihubungkan pada larutan yang akan diukur, kemudian dengan rangkaian pemrosesan sinyal akan mengeluarkan hasil (output) yang menunjukkan besar konduktivitas/daya hantar listrik air tersebut. Berikut ini prosedur pemakaian alat ukur TDS meter. Pengukuran TDS menggunakan metode Konduktivitas Elektro. Adapun langkah-langkah pengerjaannya, yaitu:
§  Siapkan gelas kimia 2 buah kemudian masing-masing masukkan sampel 100 mL ke dalam gelas kimia.
§  Siapkan alat Conductivity meter.
§  Aduk larutan sampel menggunakan Probe Conductivity selama 5 detik.
§  Kemudian diamkan.

§  Baca nilai yang tertera pada display Conductivity meter.

Distributor & Supplier Alat Laboratorium


Click Me!

Distributor & Supplier Alat Laboratorium Ionix Singapore

Click Me!

Distributor & Supplier UV Viqua Sterilight Canada

Click Me!