Whatsapp

RENTANG PENGUKURAN PARAMETER CONDUCTIVITY (KONDUKTIVITI) METER

harga conductivity meter, jual conductivity meter, beli conductivity meter
Setiap pengukuran konduktivitas air dalam berbagai aplikasi mempunyai rentang pengukuran yang berbeda. Alat ukur konduktiviti meter umumnya dapat berfungsi sesuai dengan spesifikasinya.

Suhu dan rentang pengukuran merupakan spesifikasi mutlak. Secara teknis alat ukur penyusun komponen utamanya adalah sensor elektroda yang terdiri dari katoda dan anoda.


Jenis kedua elektroda ini disimpan dalam larutan elektrolit kuat, contohnya adalah larutan asam klorida (HCl).

Nama lain dari elektroda adalah sel konduktiviti. Sel konduktiviti merupakan terdiri dari beberapa pole (kutub) dan diplatinasi tanpa ada intervensi pengukuran.

Rentang pengukuran yang luas akan memberikan nilai kondutiviti dalam kondisi linear untuk mendapatkan peningkatan nilai pole yang lebih tinggi. 

Pengukutuban platinasi dapat mempengaruhi peningkatan jangka pengukuran secara linear. Nilai konduktivitas pada temperatur normal (25oC) dari berbagai jenis air akan berbeda.

Dibawah ini ada beberapa parameter air dengan nilai konduktivitas yang berbeda, antara lain:


Pure water                   : 0.055 µS/cm
Deionized water          : 1 µS/cm
Rainwater                    : 50 µS/cm
Drinking water            : 500 µS/cm
Industrial wastewater  : 5 mS/cm
Seawater                     : 50 mS/cm
1 mol/L NaCl              : 85 mS/cm
1 mol/L HCl                : 332 mS/cm
Akurasi pengukuran konduktiviti meter dapat mengalami interferensi atau gangguan pada pengukuran. Hal tersebut menyebabkan akurasi pengukuran kurang baik.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan gangguan pengukuran konduktiviti, yaitu:
- Polarisasi
- Kontaminasi
- Efek geometri
- Terjadinya resistansi kabel
- Adanya kapasitansi kabel
- Perubahan frekuensi, dan
- Kondisi temperatur yang labil
Polarisasi disebabkan oleh akumulasi sepesis ion-ion yang berada di sekitar permukaan elektroda dan reaksi kimia. Resistansi polarisasi pada permukaan elektroda ini merupakan komponen parasite terhadap resistansi larutan.

Kontaminasi pengukuran juga disebabkan oleh kondisi permukaan elektroda terjadi polarisasi error yang ditandai dengan pembacaan konduktiviti lebih rendah dari biasanya.


Efek tersebut dapat dicegah menggunakan dengan 4 konduktiviti sel. Faktor interferensi lainnya diakibatkan oleh gangguan teknis dan fisika pada komponen alat ukur konduktiviti meter.


Alat untuk mengukur konduktivitas listrik disebut conductivity meter
Ady Lab jual conductivity meter merek Ionix, Apera, Hanna Instruments, Horiba, Lutron, Partech, Takemura, dan merek-merek global lainnya.
advertise
advertise
advertise
advertise