Penjelasan Singkat Mengenai ORP:adylab: pH TDS Meter, Jual pH Meter, Harga DO Meter, Conductivity Meter, UV Water, Ozone Generator

Apa itu ORP?

ORP atau Oksidasi-Reduksi Potensi adalah ukuran sifat pengoksidasi dari sanitizer dalam air. ORP atau "Redoks" singkatan Oksidasi-Reduksi Potensial. Kedua tindakan kimia yang terlibat, "oksidasi" dan "pengurangan", selalu terjadi bersama-sama.

Meskipun awalnya disebut hanya untuk aksi oksigen, istilah "oksidasi" sekarang mengacu pada setiap tindakan kimia di mana elektron ditransfer antara atom-atom. Atom yang kehilangan elektron dikatakan "teroksidasi". Atom yang memperoleh elektron dikatakan "berkurang," karena dalam mengambil bahwa elektron ekstra, kehilangan energi listrik yang membuatnya "lapar" untuk lebih elektron.

Apa Hubungan ORP dan Water Treatment?


Nilai ORP berhubungan erat dengan substansi pengoksidasi, yaitu oksigen. Ketika oksigen meninggi, maka nilai ORP pun meninggi. Bagaimana oksigen dalam sebuah larutan tinggi? Ketika tidak ada coliform/mikroorganisme pembuat penyakit.

Maka, nilai ORP bisa dijadikan sebagai salah satu parameter sanitasi larutan air pada water treatment, yang nilainya akan berkorelasi dengan conductivity dan TDS/TSS.