ORP Meter Atau PPM Yang Seharusnya Dipakai untuk Sterilisasi Kolam Renang? Jual ORP Meter Hanna Instruments:conductivitymeter.net: Jual Harga pH TDS DO Meter, Conductivity Meter, UV Water, Ozone Generator
jual orp meter
Jika Bapak Ibu Om Tante memiliki kolam renang, baik kolam renang komersial maupun kolam renang privat, maka artikel ini sangat menarik untuk Anda.


Pilih mana, ORP meter atau ppm klorin bebas ?

Selama beberapa tahun terakhir, telah ada pengakuan meningkat di antara insiyur spesialis pengolahan air dan kesehatan bahwa oksidasi-reduksi potensial (ORP atau Redoks) dapat memberikan langkah yang efektif  untuk aktivitas sanitizer di kolam renang atau air spa.


Teknologi ORP telah diakui dan dimasukkan ke Eropa dan standar air dunia selama beberapa tahun. Pada tahun 1972, Organisasi Kesehatan Dunia diakui dalam Standar untuk Minum Air (WHO 1972) yang pada tingkat ORP  650 milivolt (mV), air didesinfeksi dan dinonaktifasikan virus hampir seketika.


Pada tahun 1968, sebuah penelitian laboratorium dengan Carlson, Hasselbarth dan MECKE dari Institut Kesehatan Air Jerman dan Dinas Kesehatan menunjukkan bahwa tingkat pembunuhan E. organisme coli dalam air kolam renang tergantung pada ORP dan bukan pada tingkat residu klorin.


Seperti ditunjukkan dalam Gambar 1, waktu membunuh hanya sepersekian detik pada tingkat Redoks dari 650 mV, tetapi meningkat cepat untuk beberapa jam pada nilai-nilai rendah ORP.


Di Jerman dan negara Eropa lainnya standar kesehatan masyarakat sangat tinggi, tingkat minimum ORP 750 mV diperlukan oleh DIN Standard 19643 (Diadopsi pada tahun 1982) untuk kolam renang umum dan DIN  Standard 19.644 untuk spa (Desember 1984).


Di AS, banyak kolam renang umum dan spa menggunakan kontroler ORP untuk Kendali Klorin Otomatis tapi ini disamarkan dengan fakta bahwa controller readouts biasanya diberi label di bagian per juta (ppm) dari klorin bebas.


Namun, produsen ozon generator dan konsultan industri menyerukan penggunaan ORP meter untuk memantau efektivitas desinfeksi ozon/sistem klorin.

Lalu alat apa yang digunakan untuk mengukur ORP atau oksidasi reduksi potensial ini? Namanya ORP meter.


Ady Water jual ORP Meter merek Hanna Instruments tipe HI 98120.


Bagaimana spesifikasi ORP Meter HI 98120 ini?

ORP meter ini sangat populer untuk penggunaan handheld / portable dan dapat dibawa operator ke berbagai titik pengukuran dengan mudah.

ORP meter ini mengambang di air dan memiliki warna casing hijau cerah agar dapat dilihat dengan mudah di tempat dengan cahaya rendah.

Fitur ORP Meter Hanna HI 98120


- Dual level LCD 

- Automatic temperature compensation
- Fungsi HOLD untuk membekukan pembacaan agar dapat mudah direkam
- Casing yang mengambang di air sehingga mencegah jatuh secara tidak sengaja pada kondisi pengukuran yang sulit
- Indikator stabilitas dan baterai %
- Elektrode Cartridge

Spesifikasi ORP Meter Hanna HI 98120
Range - mV: ±1000 mV
Range - Temperature: -5.0 to 60.0°C / 23.0 to 140.0°F
Resolution - mV: 1 mV
Resolution - Temperature: 0.1°C / 0.1°F
Accuracy - mV: ±2 mV
Accuracy - Temperature: ±0.5°C / ±1°F
Dapatkan harga ORP meter dan harga alat lab murah lain seperti:
- pH meter
- DO meter
- BOD meter
- COD meter
- Turbidity meter
- Salinity meter