Whatsapp

Prinsip Kerja Conductivity (Konduktivit) Meter | Harga Conductivity Meter | Ady Water


Jual Conductivity Meter Lutron WA 2017 SD

Konduktiviti (Conductivity) meter adalah alat untuk mengukur nilai konduktivitas listrik (specific/electric conductivity) suatu larutan atau cairan.

Nilai konduktivitas listrik sebuah zat cair menjadi referensi atas jumlah ion serta konsentrasi padatan TDS (Total Dissolved Solid) yang terlarut di dalamnya.

Pengukuran jumlah ion di dalam cairan menjadi penting untuk beberapa kasus, salah satu contoh adalah untuk memonitor kualitas air boiler.

Hal ini terkait pengaruh konsentrasi ion-ion mineral terhadap terjadinya korosi pada pipa boiler.

Konsentrasi ion di dalam larutan berbanding lurus dengan daya hantar listriknya. Semakin banyak ion mineral yang terlarut, maka akan semakin besar kemampuan larutan tersebut untuk menghantarkan listrik.

Sifat kimia inilah yang digunakan sebagai prinsip kerja conductivity meter. Sebuah sistem conductivity meter tersusun atas dua elektrode, yang dirangkaikan dengan sumber tegangan serta sebuah ampere meter.

Elektrode-elektrode tersebut diatur sehingga memiliki jarak tertentu antara keduanya (umumnya 1 cm). Pada saat pengukuran, kedua elektrode ini dicelupkan ke dalam sampel larutan dan diberi tegangan dengan besar tertentu.

Nilai arus listrik yang dibaca oleh ampere meter, digunakan lebih lanjut untuk menghitung nilai konduktivitas listrik larutan. 

Prinsip Kerja Conductivity Meter

Rumus dasar rangkaian listrik berikut:

V = R x I 

Dimana V adalah tegangan listrik rangkaian (volt), I untuk arus listrik rangkaian (ampere), dan R untuk tahanan listrik rangkaian (Ω). Tahanan listrik (R) berbanding lurus dengan jarak antara dua elektrode (l) conductivity meter, dan berbanding terbalik dengan luas area electrode. 

R = ( l/A ) x ρ

Dimana ρ adalah tahanan listrik spesifik (Ω.m) larutan. Jika persamaan awal dan kedua digabungkan, akan didapatkan persamaan berikut: 

V/I = ( l/A ) x ρ

Dan karena nilai ( l/A ) adalah konstan untuk setiap conductivity meter, maka dapat diganti dengan sebuah konstanta (C):

V/I = C x ρ

Conductivity meter sebenarnya tidak mengukur nilai konduktifitas listrik, tetapi mengukur konduktivitas listrik spesifik (specific conductivity). Konduktivitas listrik spesifik adalah nilai konduktivitas listrik untuk tiap satu satuan panjang. Konduktivitas listrik spesifik ini disimbolkan dengan κ (Kappa), adalah kebalikan dari tahanan listrik spesifik (ρ):

κ = ¹ / ρ

Dimana konduktivitas listrik spesifik menggunakan satuan S/m (Siemens per meter). Dan jika persamaan di atas dimasukkan ke dalam persamaan, maka akan kita dapatkan persamaan umum perhitungan nilai konduktivitas listrik spesifik.

κ = C x I / V

Prinsip kerja conductivity meter menggunakan persamaan di atas. Dimana besar tegangan listrik (V) ditentukan oleh sistem, besar arus listrik (I) adalah parameter yang diukur, serta konstanta (C) didapatkan sebelumnya dari proses kalibrasi conductivity meter dengan menggunakan larutan yang diketahui nilai konduktivitas spesifiknya.


Jual Conductivity Meter BCT 4308

Selain Conductivity Meter, kami juga menyediakan Alat Laboratorium lainnya, seperti: Analytical Balance - BOD Meter - COD Meter - TDS Meter - Chlorine Meter - DO Meter - Multiparameter - ORP Meter - Photometer - pH Meter - Turbidity Meter - TSS Meter.
advertise
advertise
advertise
advertise